Wednesday, March 12, 2014

Inilah Alasan Kenapa Harga PlayStation 4 di Indonesia Mahal

Para penggemar sejati PlayStation tentu tak bisa menyembunyikan perasaan gembira setelah pihak Sony melepas perangkat konsol generasi terbaru di Indonesia. Agar bisa membawa pulang PlayStation 4, siapkan budget sekitar 7 juta. Tunggu sebentar, bukankah harga segitu terlalu mahal?
Menurut lansiran Cikgu Yusof, harga PS4 di Indonesia terpaut angka yang begitu jauh. Para gamer Amerika Serikat bisa memperoleh konsol terbaru dengan harga 399 dollar AS, setidaknya tidak menyentuh angka 5 juta rupiah. Mengapa harga PS4 di Indonesia dan Amerika bisa begitu berbeda jauh?

Menurut penuturan Hiroshi Sakai selaku Brand Activation Management Division Head PT Sony Indonesia saat acara peluncuran PS4, pihak vendor terpaksa menaikkan harga perangkat konsol per unit karena faktor pajak dan beberapa biaya lain.

Pernyataan itu diperkuat oleh Astrid Ramadhina selaku Product Marketing and Game Business Sony Indonesia, harga per unit melonjak begitu tinggi terkait biaya impor. Kenaikan Pajak Penghasilan (PPh) akan barang impor telah diberlakukan. Dari angka 2,5 persen melonjak hingga 7,5 persen dan secara otomatis, harga jual per unit turut kena pengaruh.

Ternyata, kejadian ini tak hanya ada di Indonesia saja. Harga per unit PS4 di Singapura menyentuh angka 639 dollar Singapura atau sekitar 6,2 juta rupiah. Bahkan perubahan harga jual gila-gilaan juga terjadi di Brazil, para gamer harus rela mengeluarkan uang sebesar 1.800 dollar AS demi satu unit PS4. Pajak merupakan biang kerok kenaikan harga begitu drastis.

Meskipun terjadi perbedaan harga di beberapa negara, PlayStation 4 raih penjualan tertinggi dan sukses mengalahkan pesaingnya, Xbox. Bagi yang ingin membeli PS4, segera menabung. Walaupun harganya mahal, tapi gamer tidak akan rugi mengeluarkan uang. Ini adalah generasi terbaru game konsol dengan sentuhan teknologi tercanggih.

No comments:

Post a Comment