Wednesday, March 12, 2014

PlayStation 4 Raih Penjualan Tertinggi Kalahkan Xbox

Pasar game konsol tetap ramai meski persaingan industri game semakin ketat dengan kehadiran game PC dan Smartphone. Sony selaku vendor game konsol kembali meluncurkan produk andalan, yakni PlayStation 4. Menurut lansiran Si Haitek, hanya dalam waktu tiga bulan saja, game konsol anyar ini sudah mencapai target penjualan.
Awalnya, Sony menerapkan target penjualan sekitar 5 juta perangkat PS4 hingga akhir bulan Maret 2014. Namun pada awal bulan Februari silam, pihak vendor mengaku telah mencapai target penjualan sebesar 5,3 juta unit perangkat. Semua berhasil diraih dalam waktu tiga bulan saja sejak peluncuran.

Sony resmi meluncurkan PlayStation 4 ke pasaran sejak November 2013, mulai dari Amerika Serikat hingga menyebar ke sejumlah negara dunia. Pihak vendor tentu sangat bangga dengan hasil penjualan yang diraih, itu tercermin langsung dari pengumuman resmi via Twitter. PS4 diklaim sebagai konsol terlaris manis di pasar Amerika, sukses kalahkan Xbox One buatan Microsoft.

Bagaimana perbandingan penjualan antara Xbox One dan PS4? Pada bulan Desember 2013, PS4 memperoleh penjualan sekitar 4,2 juta unit, jauh meninggalkan Xbox One yang hanya sekitar 3 juta unit. Memang, PS4 diluncurkan jauh lebih awal bila dibandingkan Xbox One. Namun, pihak Microsoft seolah tak mau kalah, mereka mengklaim sebagai penjual judul game terlaris dibandingkan PS4. (Coba baca tentang perbandingan kehebatan Xbox One dan PlayStation 4)

Peta persaingan game konsol memang sangat ketat. Sejauh ini, hanya PlayStation dan Xbox yang terus mendominasi, sementara Nintendo belum diketahui apakah akan merilis konsol baru atau tidak. Bagi sebagian besar penggila game konsol, PlayStation bagaikan legenda karena sudah lama eksis sejak akhir tahun 90-an dan nama besarnya sulit terhapuskan.

No comments:

Post a Comment